Menu Close

Kontrasepsi Berbentuk Chip Yang Tahan 16 Tahun

Alat Kontrapesi

Ada banyak metode berbeda untuk kontrasepsi. Salah satu metode yang lebih umum digunakan adalah Kontrasepsi dengan Metode Bar-Thrust, atau Kontrasepsi dengan IUD. Ia dikenal sebagai “Bar-Thrust” karena ditemukan oleh Dr. Robert M. McTavish, MD, yang menciptakannya pada tahun 1973.

Berbagai Metode Kontrasepsi

AKDR dimasukkan ke dalam rahim melalui lubang yang sangat kecil. Dokter memasukkan alat yang memecah penghalang antara rahim dan leher rahim sehingga sperma tidak bisa melewati. AKDR tersedia dalam berbagai ukuran dan tipe untuk memenuhi kebutuhan setiap orang.

AKDR yang paling umum digunakan adalah Paragard, yang memiliki tiga cara pemasangan berbeda. Cara penyisipan yang pertama dan paling umum adalah melalui proses penyisipan dan penghilangan yang sederhana dan aman tanpa menggunakan instrumen.

Tipe kedua dan paling umum dari pemasangan IUD dan prosedur pelepasan melibatkan memasukkan Paragard ke dalam vagina seperti tampon. Metode ketiga melibatkan memasukkan Paragard ke dalam serviks, di mana dokter menggunakan alat untuk mematahkan IUD menjadi berkeping-keping. Paragard dengan cincin yang lebih kecil yang Anda masukkan ke dalam vagina dapat dimasukkan hingga lima bulan.

Paphos IUD, yang berbeda dari IUD lainnya, dimasukkan dengan cara yang dianggap kurang invasif daripada memasukkan melalui leher rahim. Alih-alih memecah AKDR, dokter menggunakan agen mati rasa sedikit untuk mematikan area.

Resiko Metode Kontrasepsi

Kontrasepsi semacam ini untuk wanita di atas 35 bukanlah metode yang disukai untuk para remaja, tetapi jika seorang remaja benar-benar ingin hamil, mereka akan dapat tetap menggunakannya tanpa rasa takut akan komplikasi. Seorang wanita memiliki kasus komplikasi sendiri yang mungkin tidak timbul dari penggunaan AKDR Paphos.

Ada penelitian yang dilakukan pada topik ini dan hasilnya tidak menggembirakan. Paphos IUD juga telah terbukti meningkatkan risiko keguguran dan penyakit radang panggul (PID). Walaupun ada beberapa kasus kondisi ini terlihat pada wanita yang menggunakan AKDR Paphos, angka keseluruhannya cukup rendah.

Studi terbaru tentang keamanan IUD dengan IUD dengan Paragard, atau ParaGard IUD, mengungkapkan bahwa risiko PID adalah satu pada 2020 wanita. Studi ini menemukan bahwa IUD dengan Paragard tidak berisiko lebih tinggi, tetapi masih ada kemungkinan mereka bisa. Itu memang memiliki risiko kegagalan yang lebih rendah daripada IUD lainnya.

Juga ada laporan masalah seperti pendarahan, pendarahan hebat, dan pil yang terlewat saat wanita menggunakan IUD dengan Paragard. Ia juga memiliki tingkat pengeluaran yang lebih tinggi daripada IUD lainnya.

Baca Juga : Baterai Berbahan Dasar Air

Manfaat Kontrasepsi

Paragard harus dimasukkan dan dilepas dengan bantuan ruang hampa udara. Ada dua cara berbeda untuk menghapus Paragard; baik menggunakan ujung instrumen atau area di sekitar pembukaan. Disarankan bahwa seorang wanita yakin bahwa dia tahu cara menggunakan metode ini untuknya.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan tentang Kontrasepsi semacam ini adalah bahwa rasa sakit pada pemasangan dan pengangkatan bisa sangat hebat. Penting juga untuk dicatat bahwa penempatan perangkat penting untuk mendapatkan hasil terbaik, karena beberapa pasangan tidak ingin pasangannya merasakannya.

Jika saat ini Anda minum obat KB, Anda harus berbicara dengan dokter tentang jenis obat yang sedang Anda pakai. Beberapa obat memiliki efek berbeda pada perangkat sehingga penting untuk mendiskusikan dengan dokter Anda jenis obat yang sedang Anda gunakan.